Profil

Tentang Sekolah

  • Sekolah Kesehatan SMK Insan Medika merupakan sekolah kejuruan dengan kompetensi keahlian keperawatan dan Farmasi yang berada di Jalan Abdul Wahab No. 73 Rt/Rw 002/005 Sawangan Lama, Kota Depok, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 2011 yang hingga saat ini sudah meluluskan 6 ( enam ) angkatan. Adapun alumnusnya tersebar di beberapa instansi pelayanan kesehatan sekitar Kota Depok, Tangerang, dan Jakarta serta melanjutkan Kuliah di PTN/PTS, Poltekkes Jakarta atau Bekasi di beberapa perguruan tinggi wilayah Jabodetabek. 

    Berdirinya SMK Insan Medika didasari pada tingginya kebutuhan pendidikan menengah atas atau sederajat di Kota Depok dan sekitarnya. Selain itu, kebutuhan industri kesehatan atas sumber daya yang mumpuni pun menjadi dasar lain dari berdirinya SMK Insan Medika. Dari salah satu sumber didapatkan, tahun 2014, jumlah tenaga kesehatan baik itu dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, kefarmasian, dan lain sebagainya adalah 891.897 orang. Sementara menurut data BPS di tahun yang sama, jumlah penduduk Indonesia kurang lebih 250 juta jiwa. Perbandingan ini tentu dapat menggambarkan kebutuhan calon-calon tenaga kesehatan baru untuk membangun Indonesia yang sehat.

    Sejak pembangunannya pada tahun 2014, SMK Insan Medika terus berkembang melengkapi berbagai aspek legal pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia. Sehingga pada tahun 2015, SMK Insan Medika mendapatkan akreditasi B dari lembaga akreditasi. Selain itu, penambahan beberapa fasilitas pun terus dilakukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar para siswa. Adapun kegiatan belajar mengajar SMK Insan Medika terbagi menjadi beberapa kegiatan. Pertama, kegiatan belajar mengajar ( Praktikum Kejuruan )di laboratorium Kesehatan berupa materi dan post test tindakan-tindakan dasar keperawatan. kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. istirahat dan Sholat Dzuhur berjamaah.

    Kedua, adalah kegaiatan belajar mengajar di kelas yang dilakukan dari pukul 12.30 hingga 17.15 WIB. di dalam kelas siswa diajarkan mata pelajaran C1,C2,C3, adaptif serta Kejuruan keperawatan. Ketiga, berupa Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di RS/Klinik mitra sekolah. Dalam hal ini siswa diterjunkan langsung ke fasilitas kesehatan selama tiga bulan, untuk memperaktikan ilmu yang mereka dapatkan di sekolah kepada pasien yang sebenarnya di lahan praktik. Adapun beberapa Dunia Industri (DuDi) mitra sekolah antara lain adalah RS Arrafiq Depok, RS. Hermina Jakarta, RS Citra Medika Depok, Klinik Primas Medika Depok, Klinik  Rawat Jalan Najwa, Klinik Rawat Jalan Dr. Fakhrurrazi, Klinik Rawat Jalan Nabila, Klinik Rawat Jalan Anindita, Klinik Rawat Jalan Tugu Sawangan. Selain itu juga terdapat beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang hingga saat ini bisa membawa prestasi lomba non akademik ke SMK Insan Medika.