Berita

PAS 2018, SMK IM Terapkan CBT

Tren pembelajaran daring (dalam jaringan, red), atau biasa disebut e-learning kini semakin meningkat. Bahkan tes yang dilakukan oleh pemerintah pun sudah terkomputerisasi. Hal ini juga yang kini diterapkan di SMK Insan Medika. Ya, pada Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2018 ini, SMK Insan Medika menggunakan sistem Computerized Based Test (CBT).

Hari ini, para siswa tidak lagi mengisi jawaban di atas kertas-kertas seperti sebelumnya. Mereka bisa menggunakan gawai mereka, handphone ataupun laptop, untuk mengikuti evaluasi pembelajaran ini. Para siswa yang rata-rata sudah menggunakan handphone berbasis android tampak tidak kesulitan dalam beradaptasi dengan sistem ini. 

Setelah masuk ke dalam akun masing-masing, para siswa bisa mengerjakan soal berupa pilihan ganda. Diberikan waktu 90 hingga 120 menit, para siswa antusias mengerjakan soal. Adapun bagi mereka yang tidak memiliki gawai yang mendukung sistem ini, mereka mengerjakan soal di laboratorium komputer sekolah. 

Dengan sistem ini, siswa yang selesai mengerjakan soal bisa langsung mengetahui hasilnya. Bahkan para siswa bisa melihat, pada soal mana jawaban mereka salah. Ke depannya, sistem ini juga akan digunakan sebagai media interaksi guru dan siswa. Masing-masing guru yang sudah memiliki akun bisa menyimpan materi pembelajarannya dalam sistem e-learning. Materi yang sudah tersimpan, dapat diakses oleh siswa dari handphone pintar mereka. 

Penerapan sistem ini tentunya bertujuan untuk memudahkan para siswa dalam pembelajaran. Selain itu, hal ini i juga untuk menyiapkan para siswa yang mayoritas generasi Z dalam menghadapi era digital ke depannya. Hal ini seperti disampaikan langsung oleh Kepala SMK Insan Medika, Bapak Achmad Ruhyat, Saya.Th.I., M.Pd. (mam)