Berita

Pramuka Latih Siswa Mandiri, Disiplin dan Berani

Awal tahun pelajaran kali ini, menjadi berbeda untuk yang baru saja menerapkan Kurikulum 2013. Pasalnya, setelah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sekolah diharuskan mengadakan kegiatan Pramuka. SMK Insan Medika yang kini telah menerapkan kurikulum 2013 menerapkan itu dalam acara Masa Orientasi Pramuka (MOP) di Rumah Kebon, Cinangka, Depok belum lama ini.

Acara ini dilaksanakan agar para peserta didik baru SMK Insan Medika dapat menjadi insan yang mandiri, berani, dan disiplin. "Acara ini dilaksanakan agar para peserta bisa menjadi manusia yang mandiri, berani, disiplin, cepat beradaptasi, dan berkarakter," ungkap Kepala SMK Insan Medika, Bapak Achmad Ruhyat, S.Th.I, M.Pd saat membuka acara.

Ia juga menambahkan, dengan acara ini para peserta didik baru mampu bekerja sama, saling membantu dan tidak mudah menyerah. Karena, selama kegiatan, siswa benar-benar dilatih untuk menyiapkan segala kebutuhan mereka sendiri. "Acara ini kami adakan (termasuk MPLS,red) agar siswa siap dengan pembelajaran SMK dan matang ketika mereka menentukan tujuan usai jenjang menengah ini," lanjutnya. 

Sementara itu, Agus Maulana, Saya.Pd, selaku ketua panitia MOP mengatakan jika acara ini disiapkan juga untuk pengembangan diri siswa. "Kami harap siswa nantinya mampu berinovasi. Karena di bumi perkemahan ini, mereka harus bisa memanfaatkan apa pun agar mereka bisa mengikuti acara dengan baik," katanya. 

Ia juga berpesan pada para peserta, yang mereka hadapi saat ini bukanlah masa putih biru seperti tiga tahun lalu. Melainkan masa yang harus dimanfaatkan dengan baik agar mereka mampu bersaing di dunia industri atau pendidikan yang lebih tinggi nantinya. "Kalian bukan hanya mengganti seragam putih-biru menjadi putih-putih khas SMK. Namun juga kalian harus melepas kebiasaan buruk di SMP dan menggantinya dengan yang lebih baik," tandasnya.

Pantauan di lapangan, para peserta antusias mengikuti setiap acara yang diadakan panitia. Mereka mampu membagi tugas dalam menyiapkan logistik makan setiap waktu istirahat. Mereka juga terpantau khidmat ketika mengikuti acara api unggun dan muhasabah yang dipimpin oleh Bapak Angga Tasmita, S.Pd.I. (mam)